Recent Posts

Jumat, 01 April 2011

0 SPA Kecantikan

1. Difinisi SPA
SPA merupakan suatu singkatan kata yang berasal dari kata Solus Per Aqua (Solus = Pengobatan atau Perawatan, Per = Dengan dan Aqua = Air). Berdasarkan arti tersebut maka dapat dikatakan bahwa SPA adalah suatu sistem pengobatan atau perawatan dengan air atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hydrotherapy. Secara lebih rinci SPA didefinisikan sebagai suatu cara penatalaksanaan kesehatan dengan mempergunakan air dalam berbagai bentuk untuk mengobati suatu penyakit atau untuk mempertahankan kesehatan individu.
2. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SPA
Sebagai suatu metode pengobatan kuno, pengobatan dengan SPA telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno. Penggunaan SPA sebagai sarana pengobatan telah tercantum dalam suatu kepustakaan medis pada tahun 1500 SM dengan judul Rig Veda yang berarti “perawatan air untuk penyembuhan demam”. Dalam dunia kedokteran, “Hipokrates” sebagai Bapak Kedokteran Modern telah mempergunakan SPA secara luas untuk pengobatan sejak tahun 400 sM.
Ia juga menjelaskan secara luas indikasi dan kontra-indikasi perawatan dengan air. Prinsip prinsip dasar yang diuraikan Hipokrates ini menjadi titik tolak munculnya SPA MEDIC ( Terapi Air). Di jaman modern perawatan SPA MEDIC dimulai pada abad 17 (1697), diperkenalkan oleh Sir John Floyer dalam tulisannya yang berjudul The History of Cold Bathing.
Mengikuti cara Floyer yang mempunyai dasar ilmiah klinis kuat mengenai penggunaan air sebagai upaya penyembuhan maka di daratan Eropa mulai muncul beberapa ahli baik medis maupun non-medis yang berkecimpung dalam dunia SPA di antaranya adalah Priessnitz, Rausse dan Father Kneipp. Mereka sangat populer dalam mempergunakan SPA sebagai metode pengobatan sampai akhir abad 19.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, spa berkembang menjadi suatu tempat kecantikan, perawatan tubuh, kesehatan, kebugaran dan kenyamanan. Spa sendiri merupakan suatu rangkaian perawatan yang terdiri dari terapi pijat seluruh badan, lulur atau body scrub, masker pemutih, terapi musik, aromatherapy, mandi susu atau mandi aromatherapy.
Proses spa biasanya memakan waktu kurang lebih satu setengah sampai dua jam, mulai dari urut hingga lulur,kemudian mandi dan berendam dengan menggunakan ramuan rempah yang menyegarkan tubuh. Manfaat spa sendiri banyak sekali diantaranya menghaluskan kulit, mengencangkan, memutihkan dan memberi nutrisi pada kulit, mengendurkan ketegangan otot, detoksifikasi tubuh.
Disamping itu spa juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, menghilangkan kecemasan, kemarahan dan depresi, mencegah alergi, tanda-tanda diabetes. Selanjutnya migrain dan asma, menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi, mengurangi insomnia, stress dan kelelahan, mengembalikan keseimbangan alami tubuh, mencapai kebahagiaan, percaya diri dan kreativitas serta memperlambat proses penuaan.
Melakukan perawatan tubuh sebaiknya sebanyak satu sampai dua kali dalam sebulan. Setelah perawatan kita akan lebih percaya diri dan siap lagi menghadapi aktivitas rutin berikutnya. Spa diperlukan untuk menghindari stress dan penuaan kulit sebelum waktunya. Aktivitas yang berlebihan dan kelelahan, bisa membuat kulit menjadi stress dan kendur.
3. Manfaat Body Scrub Untuk Kecantikan
BODY scrub adalah salah satu produk kecantikan untuk menghaluskan kulit tubuh dengan mengangkat sel kulit yang mati.Berikut beberapa manfaat body scrup untuk tubuh.
Membuang sel kulit mati lebih maksimal. Setiap hari kulit mengalami regenerasi. Mandi adalah usaha membersihkan kulit dan membuang sel kulit mati. Namun mandi saja tak cukup membersihkan semua sel kulit mati, yang akhirnya menumpuk dan menyebabkan kulit kusam. Body scrub membantu pengelupasan kulit dengan lebih sempurna.
Menyehatkan Kulit. Dengan membersihkan lapisan sel kulit mati, berarti kulit menjadi lebih sehat. Kulit yang bersih akan merangsang tumbuhnya sel kulit baru, yang akan menampilkan kulit yang lebih halus dan bersih.
Menghaluskan kulit. Body Scrub bekerja seperti mengampelas kulit, sehingga kulit kasar akan hilang. Sesudah memakai body scrub, kulit tubuh akan terasa lebih licin dan halus. Manjakan kulit anda dengan melakukan scrub minimal 2 minggu sekali, dan hal ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus memboroskan uang anda datang ke salon.

0 komentar:

Posting Komentar